Ghajini

Mei 4, 2009 at 1:16 pm 11 komentar

Ghajini (2008) adalah salah satu produk dari industri perfilman Bollywood. Film yang dibintangi Aamir Khan ini merupakan remake dari film Tamil dengan judul yang sama yang diproduksi tahun 2005. Jalan cerita film ini terinspirasi dari film Hollywood, Memento, yang disutradarai dan diproduksi oleh Christopher Nolan.

Film ini bercerita tentang seorang pengusaha kaya Sanjay Singhania (Aamir Khan) yang menderita amnesia dan tidak bisa menyimpan apapun dalam long term memory-nya. Sementara short term memory-nya hanya dapat menyimpan peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu 15 menit.  Amnesia ini terjadi karena kepalanya terkena pukulan benda keras saat dia ingin menyelamatkan Kalpana Shetty (Asin Thottumkal) yang saat itu akan dibunuh oleh Ghajini Dharmatma (Pradeep Rawat). Kalpana dibunuh karena ingin menggagalkan usaha Ghajini dalam usaha perdagangan wanita.

Sadar akan keterbatasannya, Sanjay kemudian membuat tatto di seluruh tubuhnya untuk menuliskan kejadian-kejadian yang dialami dan dilihatnya. Ia juga mengabadikan berbagai peristiwa dengan menggunakan kamera polaroidnya. Sanjay berharap ingatannya akan kembali pulih dengan cara ini.

Sanjay kemudian dibantu oleh Sunita (Jiah Khan), seorang mahasiswi kedokteran yang tertarik dengan kasus ini. Namun karena Sanjay tidak memperbolehkannya, Sunita pun membantu secara diam-diam. Mereka berdua pun harus berlomba dengan waktu untuk menyelesaikan masalah ini karena pada saat yang sama, Sanjay menjadi incaran polisi karena diduga terlibat dalam serentetan pembunuhan yang terjadi di daerah itu. Ghajini, pelaku tindak kejahatan yang sebenarnya, tentu tak ingin ingatan Sanjay kembali karena itu artinya semua yang dilakukannya akan terbongkar. Bagaimana akhir kisah ini? Tonton saja sendiri😀 (yang mau nonton gratis, 4-5 Mei 2009 ini tayang di Indosiar😛 )

Yang menarik dari film ini (yang membuat saya meresensi film Ghajini di blog saya yang geje ini😛 ) adalah follow up dari produksi filmnya. Awal tahun ini, Ghajini dirilis menjadi sebuah game 3D untuk PC. Tidak tanggung-tanggung, biaya yang dikeluarkan mencapai 1,3 miliar US Dollar. Sebuah langkah yang berani untuk  industri game India yang belum pernah unjuk gigi di dunia internasional. Tapi memang sih, India gudangnya orang-orang yang expert di bidang IT. Jadi bukan tidak mungkin jika game dari India akan bisa bersaing dengan game-game buatan negeri lain, seperti misalnya Jepang dan Korea.

Nah Indonesia, kapan nyusul nih? Jangan cuma pinter bikin reality show sama sinetron yang panjang dan lama aja. Tunjukkan taring Indonesia di dunia IT juga. Siapa tau nanti bisa bikin game Termehek-mehek, Cinta Fitri, Tersanjung, dll ( jyah..  tapi gag bayangin kalo acara-acara itu yang dibikin game @_@ ). Kita harus membuat sesuatu yang menunjukkan bahwa kita tidak pantas untuk disepelekan. Untuk masa depan yang lebih baik. Untuk penghidupan yang lebih baik.

Be active, be creative!!

VIVAT TC!!😀

** Sebenernya, kalo dari resource, orang-orang IT di Indonesia itu tidak kalah dengan negara-negara lain. Masalahnya, IT masih kurang penghargaan dari government. Ditambah lagi, tingkat piracy yang ada juga tinggi banget. Huff.. gimana mau maju kalo menghargai hasil karya orang lain aja masih susah?

Entry filed under: colorful lessons, colorful movies. Tags: , , , , , , , , , , , .

Hati Yang Kau Sakiti half spirited

11 Komentar Add your own

  • 1. Rinie *park Je in*  |  Mei 18, 2009 pukul 5:51 pm

    wuahh..bener nii.. setuju sangad..:)

  • 2. linda  |  April 4, 2010 pukul 4:55 pm

    Duh,,, ni film bnr2 sdih sih!!! mta w mpe bngkak, gra2 nngis trus liat flm ni…

  • 3. mia  |  Mei 15, 2010 pukul 3:48 am

    gila film nya mantap deh

  • 4. Sanjay shinga depox  |  Mei 16, 2010 pukul 1:30 am

    gile bener ne film,tpi knapa kalpana pake dead jdi trasa sedihnya ampe sekaqang,apalagi mti dgn cra sperti itu….

  • 5. ratr  |  Mei 16, 2010 pukul 7:34 am

    @all : yups.. emang keren banget filmnya.. tragis pula.. te o pe be ge te deh (^^)b

  • 6. 3 idiots « rumput jingga  |  Mei 16, 2010 pukul 7:35 am

    […] India, pada minggu pertama film ini memecahkan rekor box office yang sebelumnya dipegang oleh film Ghajini, dengan meraup keuntungan bersih sebesar 790,5 juta rupee. Pada akhir masa pemutaran filmnya di […]

  • 7. keroppi  |  Juni 26, 2010 pukul 1:41 pm

    Film ini benar-benar mengharukan. Bagaimana dia bisa menghabiskan sisa hidupnya dengan keterbatasan seperti itu…short term memory lost??? benar-benar sangat menyedihkan

  • 8. kiki  |  Desember 22, 2010 pukul 2:57 am

    DUH DUH DUH………….film ni buat mataku bengkak….bangun2 kagak bisa liat…..bisa sih.tapi agak merem (sipit)…….
    amir khan (sanjay singhania) kasian d tinggal ma kalpana, gara2 si bajingan pnjual organ manusia dan pelacur………..yaitu ghajini…….uh…pingin nyekek………..

  • 9. missdongdong  |  Maret 18, 2011 pukul 1:08 pm

    huuullluuuuuhh…
    pelem india slalu menguras aer mata,😥😥
    ga klah seru ma pelem kuch kuch hotahe deh! bner2 mataaap!!
    india buat pelem lsg jdi game heBat! salut pkoknya..
    hahhhaiy, kalo indonesia Senetronnya bwat game jdi ga selesai2 sakg puaaanjang crtany,😀

  • 10. (My) Top 5 Indian Songs « Rumput Jingga  |  April 13, 2011 pukul 3:44 pm

    […] Kaise Mujhe Kaise Mujhe adalah salah satu lagu yang menjadi OST film Ghajini, dengan Aamir Khan dan Asin Thottumkhal sebagai bintangnya. Saya suka dengan lagu ini karena alunan […]

  • 11. heru hilt0n  |  Mei 8, 2014 pukul 5:34 am

    memang keparat yg namanya ghajini,.
    kalo ghajini tetanggaku,akan ku bunuh 7 turunan nya+aq bakar rumahnya+aq ajax orang sekampung untk mbakar ghajini+siapa yg berpihak ama ghajini akan aq bunuh juga+gax tak kash ampun,

    ya tuhan di mana kah mayat kalpana,,aq mau EDO TENSE biar hdup lg,,kashan sanjai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Statistik Blog

  • 31,598 kali dibuka

Tulisan Terdahulu

Yahoo! Messenger

PageRank


%d blogger menyukai ini: