CPM nomer 4_

Januari 19, 2008 at 6:01 am 3 komentar

 Ini soal UAS Riset Operasional a.k.a RO 15/01/2008, nomer 4!!

a. Buat peta waktu aktifitas non kritis dijadwalkan selambat mungkin
b. Berapa ongkos ketika dipercepat menjadi 25 hari

Beh,,, soal yang aneh😛

Yah gimana ya, contoh soale biasanya kan klo ada aktifitas tu diketahui node asal sama node tujuannya, contoh: A(1,2), B(1,3), dst. Nah kalo kayak gini kan ambigu, asalnya dari node mana trus tujuannya node mana. Mikirnya nambah deh, gak cuma mikirin CPMnya kayak apa bentuknya, tapi juga bikin estimasi ada berapa node sebenarnya yang terlibat. Otomatis, kalo salah nentuin nodenya bisa2 gak ada penyelesaian yang bener. Satu2nya clue buat nyelesein masalah ini cuma di kolom “aktifitas yang mendahului”, itu pun masi harus dipikir lagi. Bisa aja kan, lebih dari satu aktifitas yang ada itu ternyata cuma melibatkan 1 node yang sama. Percuma dong kalo kita bikin banyak node tapi ternyata salah persepsi. Mikir ini aja udah lelah dehhhh…😛

Oke, kmaren tu aku pertamanya bikin 9 node. Aku bingungnya itu meresapi gimana caranya D dan E itu sama2 mendahului H. Sampe aku berkesimpulan bahwa D dan E itu menuju ke node yang sama. Nah trus takhapus satu nodeku, jadi tinggal 8. Selese deh, aku ngitung2. Tapi kemudian aku tersadar.. uh oh!! Bodoh sekali. Ada node yang gak ketauan waktu memulai paling lambatnya, gara2 gak terhubung sama node yang blakang2. Trus gimana nih. Setelah takpikir2,, knapa gak F dan G itu nunjuk node yang sama sama H? Oke deh, aku coba kayak gitu. Alhamdulillah mulai ada pencerahan, hehe. Langsung ae takhajar!! 6 node.. Wuzz… jadi begini deh:

Gak tau se itu bener apa salah. Tapi menurut asumsiku seh udah bener (ye.. maunya… :P). Aktivitas kritisnya yang aku kasi garis tebel itu, yaitu A-C-E-H. Total durasinya 27. Sementara itu, B, D, F, G jadi aktifitas non kritis. Jadi untuk soal a, tinggal gambar B, D, F, G aja pake garis putus2. B mulai 0 sampe 7, D mulai 5 sampe 8, F mulai 21 sampe 27, dan G mulai 13 sampe 17.

Kalo buat soal b, itung kemiringannya dulu, pake cara biasanya = (ongkos dipercepat-ongkos normal)/(durasi normal-durasi dipercepat). Ntar ktemu semua. Kalo udah, cari yang terkecil di lintasan kritisnya. Menurut itunganku seh, yang terkecil itu E (33,3). Nah karena kita nurunin sampe 25, jadi perlu iterasi 2x. Tiap iterasi, durasi E dikurangi. Kalo secara gambarnya se tetep kayak gtu. Nah cost yang dikeluarkan itu kan normalnya 7800. Berhubung E dipercepat, ongkosnya nambah 3,33 di tiap iterasi. Jadi total ongkos terakhirnya 7800+33,3+33,3 = 7866,6

FINISH DEH!!!😀

Tapi sekali lagi, yang di atas itu cuma pendapatku aja. Belum pasti bener. Mohon koreksinya kalo ada yang salah2…

Entry filed under: colorful lessons. Tags: .

Menjaga Hati Mengapa dengan Ilmu Sosial

3 Komentar Add your own

  • 1. radeezblog  |  Februari 1, 2008 pukul 5:23 am

    wenk.. gambarQ juga gt… aq juga pas garap soal itu mikirnya lama di node asal dan tujuannya…
    akhirnya tak coba2 dan tak pas2in biar semua node nyambung… jadinya ya ky gambarmu itu.. wkwkwk…
    gatau bener apa salah…..😛

  • 2. swamp  |  April 18, 2008 pukul 8:09 am

    walah, kamu ambil RO ini semester berapa wenk?

  • 3. ratr  |  April 27, 2008 pukul 8:23 am

    aku ambilnya semester 5 kmaren buk…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Statistik Blog

  • 31,598 kali dibuka

Tulisan Terdahulu

Yahoo! Messenger

PageRank


%d blogger menyukai ini: